Sejauhmana Konsumen Terlindungi .. ??

Posted on Updated on

Penetapan Hari Konsumen Nasional dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pemilihan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional didasarkan pada tanggal diterbitkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dengan tujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual dalam era demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Menimbang pada UU Perlindungan Konsumen tersebut, ditetapkanlah Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional.

Pencanangan Hari Konsumen Nasional awalnya diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional pada tanggal 20 April 2012. Selanjutnya, peringatan Hari Konsumen Nasional dilaksanakan oleh Pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan, lima tahun berlalu setelah ditetapkannya 20 April sebagai “Hari Konsumen” manfaat apakah yang dirasakan konsumen hingga saat ini, sudahkah konsumen benar – benar terlindungi ??

Keberadaan UU No. 08 1999 Tentang Perlindungan Konsumen juga belum bisa di pahami dan di mengerti masyarakat secara luas, tentang apa hak dan kewajiban konsumen yang termaktud dalam undang – undang tersebut, pihak terkait tidak terlalu gencar dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman terhadap masyarakat, adanya lembaga – lembaga konsumen pun belum bisa menjangkau dan menyentuh konsumen – konsumen di seluruh pelosok negeri, masih diperlukan perjuangan panjang untuk sekedar memberikan pemahaman terhadap konsumen tentang hak dan kewajibannya, karena setelah tahu apa hak konsumen maka tentu akan lebih mudah jika terjadi ketidakadilan yang dirasakan oleh konsumen itu sendiri, beberapa hal yang dapat di sampaikan tentang hak  konsumen adalah sebagai berikut :

Setelah tahu dan memahami hak sebagai konsumen tentu ada kewajiban – kewajiban konsumen yang harus di pahami juga, terima kasih semoga tulisan ini bermanfaat, “Selamat Hari Konsumen 20 April 2017”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s