Tips Belanja Jelang Lebaran

Posted on Updated on

Lebaran sebentar lagi, tentunya kita akan disibukkan berbagai persiapan untuk menyambut hari yang fitri, sebenarnya prinsip kehati-hatian dalam memilih produk tidak saja pada pada bulan ramadhan dan menjelang lebaran dihari-hari biasapun kita harus menjadi konsumen yang cerdas dan selalu menerapkan prinsip kehati-hatian. Namun demikian biasanya menjelang lebaran banyak orang-orang tidak bertanggungjawab memanfaatkan momentum lebaran dengan menjual barang-barang yang tidak layak untuk dijual. Apalagi ketika lebaran harga-harga barang melonjak tinggi menjadikan kita berusaha untuk mencari  dan membeli barang yang murah, namun tentunya kita harus jauh lebih berhati-hati dan teliti ketika akan membeli barang-barang tersebut. Terutama dengan barang-barang yang sudah kadaluwarsa dan sebagainya.

Ada baiknya ketika kita memilih dan menentukan barang-barang yang akan kita beli untuk persiapan lebaran dengan memperhatikan bebeberapa hal berikut :

  1. Buatlah sebuah daftar belanjaan di sebuah kertas. Kelompokkan keperluan yang akan dibeli untuk keluarga, untuk tamu atau untuk keperluan lain. Tulislah keperluan yang benar-benar anda butuhkan.
  2. Pergilah ke pusat perbelanjaan yang menyediakan semua keperluan anda. Agar anda dapat menghemat waktu dan efektif untuk berbelanja karena anda hanya pergi ke satu tempat untuk membeli semua keperluan anda.
  3. Jangan mudah tergoda dengan kata-kata “SALE”, “DISCOUNT” dan lain sebagainya
  4. Periksa kembali barang yang anda beli. Apabila anda membeli makanan atau minuman periksa kembali masa kadaluarsanya. Jangan sampai anda membeli makanan atau minuman yang sudah kaldaluarsa. Apabila anda membeli pakaian atau sepatu, teliti lagi apakah barang tersebut cacat atau tidak.

Kejelian dan ketelitian kita sewaktu membeli barang akan sangat bermanfaat dan menjadikan kita sebagai konsumen yang pintar dan cerdas. Demikian semoga bermanfaat terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s