Bandingkan Dulu Baru Beli.. !!

Posted on

Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang begitu diperlukan oleh manusia saat ini,  sebagai pendukung aktifitas dan pekerjaan sehari-hari tentunya kita harus dapat memilih produk yang sesuai dan pas dengan tingkat kebutuhan dan karakter kita, dan tentunya yang tahu dan mengerti selera serta keinginan untuk memiliki handphone akan tergantung pada kita juga dan saat ini terdapat sejumlah vendor besar memproduksi ponsel bisnis dan membuat fitur pada gadget sehingga ponsel itu menjadi semakin berkelas sehingga itu benar-benar menarik minat konsumen untuk memilikinya. Dan semua itu tentunya adalah hal yang inovatif.

Teknologi ponsel berkembang dengan pesat dan hampir setiap hari ada sesuatu yang baru yang diciptakan untuk para pengguna ponsel. Seperti dua ponsel ini Nokia N97 dan Sony Ericsson Aino adalah dua handset yang paling terkenal dan menjadi andalan dari masing-masing vendor. Disini kita coba membuat perbandingan antara Nokia N97 dan Sony Ericsson Aino.

Desain

Nokia N97 dan Sony Ericsson Aino keduanya memiliki desain slider dengan hanya menggesernya nantinya akan muncul keyboard. Untuk bobotnya N97 sedikit lebih berat dengan berat 150 gram dibandingkan dengan berat Aino seberat 136 gram . untuk dimensinya Nokia N97 memiliki ukuran 113×52.5×14.2 mm sedangkan Aino 104x50x15.5mm atau sedikit lebih kecil dari N97

Display

Meskipun kedua gadget ini diketahui datang dengan fitur yang paling canggih di dalamnya, ada beberapa fitur dasar yang dapat membedakan antara kedua ponsel tersebut. Dimana Nokia N97 hadir dengan 3,5 inci layar sentuh TFT resistif memiliki dukungan 16M efek warna sedangkan Sony Ericsson Aino dilengkapi dengan 3,0 inci TFT touchscreen kapasitif didukung oleh 16 juta warna.

Kamera

Kita lihat ke kamera dari dua ponsel tersebut, Sony Ericsson Aino datang dengan kamera berkekuatan 8.1 Megapixel sedangkan Nokia N97 datang dengan kamera berkekuatan 5 Megapixel, , tidak ada kamera sekunder di ponsel Sony tetapi di Nokia telah tersedia. Dilihat dari perbandingan tersebut Aino lebih unggul karena memiliki kamera yang beekekuatan cukup besar.

Navigasi

Keyboard QWERTY lengkap hadir di Nokia N97 tapi tidak di pada Sony Ericsson Aino hanya keyboard numeric biasa. Kedua-duanya memang ponsel layar sentuh namun sensitifitas layar sentuhnya saat kita gunakan keduanya hampir memiliki kualitas yang sama dan tidak jauh berbeda

Konektivitas

Fitur konektivitas yang dimiliki keduanya adalah perangkat yang sama namun dengan kelas yang berbeda keduanya Nokia N97 dilengkapi dengan GPRS dan EDGE kelas 32, sedangkan Sony Ericsson Aino dilengkapi dengan GPRS dan EDGE kelas 10.

Teknologi HSUPA hanya tersedia dalam Sony Ericsson Aino dan tidak terdapat pada Nokia N97 yang hanya menggunakan teknologi HSDPA. Lebih lanjut, Bluetooth v2.1 tersedia pada Aino dan v2.0 di Nokia N97. untuk fasilitas Wi-Fi keduanya telah dilengkapi dengan perangkat tersebut.

Memori

Kapasitas memori sebagian besar berbeda seperti dengan tersedinya penyimpanan internal 32 GB dalam ponsel Nokia N97 dan 55 MB pada Sony Ericsson Aino. Untuk memori eksternalnya Nokia N97 mampu menampung kartu memori microSD dengan kapasitas 48 GB sedangkan Aino hanya mampu menampung 32 GB.

Fitur Multimedia

Sony Ericsson Aino dilengkapi dengan Document Viewer mampu melihat dan mengedit format yang berbeda. Juga YouTube & Facebook yang tidak terdapat pada Nokia N97, Aino juga dilengkapi dengan speaker stereo, tapi yang lain datang dengan jack audio yang sederhana. Untuk pemutar musik dan video keduanya hampir memiliki kemampuan yang sama dalam memutar file berjenis MP3,eAAC.WMA, video, 3GP, Mp4, Flv

Baterai

Sony Ericsson Aino mampu memainkan musik sampai dengan 31 jam tetapi Nokia N97 berbeda tipis dengan 30 jam. Sebuah dukungan 3G dengan waktu bicara 4 jam 30 menit adalah untuk Aino sementara sama dari 6 jam untuk Nokia.

Specifikasi Nokia N97 secara lengkap dapat di lihat di sini dan untuk specifikasi Sony Ericsson Aino klik di sini; dengan membandingkan keduanya secara detail dan teliti tentunya kita dapat memilih produk mana yang sesuai dengan karakater dan kebutuhan serta keinginan kita, dan untuk selanjutnya terserah pada diri kita masing-masing.

Sumber : http://www.sonyericsson.com,  www.nokia.co.id dan http://www.mobile88.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s