Media Telah Merampas Hak-ku Sebagai Konsumen.. !!

Posted on Updated on

Pemberitaan di media televisi dan surat kabat dalam beberapa hari terakhir begitu dasyat memberitakan tentang rekaman video mesum yang di-indikasikan Ariel Vs Luna dan Ariel Vs Cut Tari. Pagi tadi jam 05.00 WIB ketika menyalakan televisi berita itu sudah ada dan bahkan lembaran-lembaran surat kabar harian dan mingguan masih terus mengulas berita tersebut, bahkan kalau tidak salah tadi malam Rabu 8 Juni 2010 di salah satu stasiun televisi mengulas tuntas tentang beredanya video porno ini dengan mendatangkan beberapa nara sumber.

Yang lebih ironis lagi adalah dalam setiap pemberitaan terutama di televisi akan ditampilkan potongan gambar dari video tersebut, mungkin bagi sebagian orang yang suka akan gosip, berita selebritis dan mungkin pemberitaan-pemberitaan seperti ini akan suka dan menanti kelanjutan berita dan gosip tersebut, namun yang menjadi pertanyaan adalah, bahkan mungkin lebih sebagai sebuah ganjalan adalah… “”Pernahkan pihak media tersebut memikirkan dampak negatif dari pemberitaan ini, secara terus menerus seperti ini..??””.. karena perlu diingat dan diperhatikan bahwa penikmat televisi adalah juga anak-anak yang dari sisi usia serta emosi yang masih labil, ini tentunya akan memberikan dampak psikologis yang berefek tidak baik bagi perkembangan pola pikir anak. Disisi lain media tidak mau di persalahkan begitu saja, karena media tentunya akan mengeruk keuntungan dari pemberitaan ini.  Dan inilah yang harus bisa dipikirkan bersama bahwa dalam setiap tayangan televisi dan pemberitaan di surat kabar harus juga memperhatikan hak-hak konsumen (baca : penikmat berita dan acara televisi).

Secara kita sebagai konsumen tentu memiliki hak untuk bisa menikmati tanyangan dan pemberitaan yang mendidik dan memberikan suasana damai dalam kehidupan, namun jika pemberitaan dan tayangan yang disajikan setiap hari menyuguhkan hal yang sama dengan pengulangan dari pagi, siang, sore bahkan malam tentunya akan menjadikan pemikiran  dan pokok bahasan tentang hal yang diberitakan tersebut di masyarakat. Bagaimana tidak sejak munculnya pemberitaan dan tanyangan tersebut  paling tidak hingga saat ini bahasan di masyarakat tentang video Ariel VS Luna Maya dan Ariel Vs Cut Tari tersebut, dan jika hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin masyarakat akan terus terobsesi untuk akhirnya memiliki rasa penasaran yang akhirnya berusaha untuk mencari video tersebut, dan perlu di pahami juga bahwa penggemar mereka tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak seusia sekolah dasar-pun penggemar salah satu bahkan ketiga artis tersebut.

Tulisan ini tentunya bukan bermaksud menyalahkan media dalam menayangkan dan memberitakan sebuah peristiwa yang terjadi untuk memberikan informasi pada masyarakat, hanya saja pemberitaan dan tayangan tersebut harus berimbang dan memperhatikan hak-hak konsumen (baca: penikmat dan pembaca berita). Sehingga dengan demikian akan terjadi perimbangan pemikiran dan pola pikir yang sehat di masyarakat. Bisa saja dalam penayangan dan penulisan berita tersebut disajikan dalam tempo yang lebih bijaksana. Mungkin pihak-pihak terkait harus bisa menyikapi hal ini, dengan harapan media memiliki tanggung jawab moral terhadap perkembangan psikologis anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s