UU Perlindungan Konsumen Belum Berfungsi Optimal

Posted on

Konsumen secara definisi adalah  setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga,, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. (UU No. 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 1), dari definisi jelas bahwa yang dimaksud dengan konsumen dalam undang-undang tersebut adalah konsumen akhir. Hadir-nya undang-undang tersebut sebenarnya merupakan angin segar bagi kita, karena kita akan merasa terlindungi oleh ulah produsen dan pelaku usaha yang kurang bertanggungjawab. Namun hingga saat ini diskriminasi terhadap konsumen masih begitu terasa, hal ini karena konsumen masih sering dirugikan dan di kecewakan oleh ulah produsen dan pelaku usaha.

Sebenarnya untuk meminimalisir hal tersebut dapat dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat akan arti penting dan pemahaman sederhana tentang Undang-undang Perlindungan Konsumen ini, karena saat ini masih banyak masyarakat terutama didaerah yang belum memahami dan mengerti tentang Undang-undang ini padahal sudah berjalan 10 tahun, peran instansi dan lembaga terkait dalam mensosialisasikan undang-undang perlindungan konsumen masih jauh dari harapan.  Se-akan tabu jika konsumen bicara lantang dan menyampaikan keluhan akan produk dan jasa yang telah dinikmatinya kurang memuaskan atau tidak sesuai dengan apa yang disampaikan, disisi lain masih banyak iklan-iklan yang menjerumuskan masyarakat akan tetapi belum  ada sanksi dan tindakan yang efektif dan efisien sehingga dampak-nya secara langsung dapat dinikmati masyarakat.

Pekerjaan Rumah yang tidak gampang bagi isntansi dan lembaga-lembaga terkait untuk bisa mensosialisasikan undang-undang tersebut kepada masyarakat sehingga adanya undang-undang tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat hingga ke daerah-daerah, dan sosialiasi ini tentunya harus dapat diikuti oleh seluruh komponen (konsumen dan pelaku usaha).

One thought on “UU Perlindungan Konsumen Belum Berfungsi Optimal

    John said:
    2015/09/16 pukul 8:24 pm

    mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta , Aerith

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s