Ideal-nya Memilih Perguruan Tinggi Idaman

Posted on Updated on

Memilih dan menentukan sebuah tempat menimba ilmu memang gampang-gampang susah, karena belum tentu apa yang ditawarkan pada kita sesuai dengan angan dan harapan kita, banyak-nya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sebenarnya sangat memanjakan kita untuk bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan tujuan kita belajar, yang tentunya didasarkan pada minat akan bidang ke-ilmuan yang ingin kita tekuni. Perguruan Tinggi Idaman menurut saya adalah sebuah penilain yang subyektif, karena Idaman seseorang akan berbeda dengan yang lainnya. Namun tentunya dalam memilih dan menilai Perguruan Tinggi Idaman akan ada beberapa persamaan persepsi sebagai sebuah landasan berpijak dalam memilih.

Penentuan Perguruan Tinggi Idaman tentunya harus dilihat bagaimana perguruan tinggi itu berkembang dan bagaimana perguruan tinggi itu melaksanakan proses belajar mengajarnya, jika pada tulisan yang lalu mengenai Salah Satu Tips Memilih Perguruan Tinggi Idaman dan Perguruan Tinggi Terbaik Bukan Dari Bangunan Megahnya, setidaknya akan ada sebuah gambaran bagimana kita dapat memilih dan menentukan Perguruan Tinggi Idaman sehingga dapat kita gunakan sebagai tempat untuk menimba dan mengembangkan ilmu yang ingin kita dapatkan. Setelah memahami profil perguruan tinggi yang dapat kita peroleh informasi itu dari website, brosur, informasi teman atau mungkin dengan membuka di sius evaluasi.or.id, maka tentunya kita harus mencoba untuk lebih teliti dan obyektif lagi dalam menentukan perguruan tinggi idaman kita, setidaknya kita telah memiliki kriteria-kriteria yang akan kita gunakan dalam menentukan perguruan tinggi idaman kita. Hal mutlak yang harus kita jadikan sebagai sebuah kriteria adalah bahwa perguruan tinggi itu harus sudah menerapkan softskill dalam pengajaran-nya, karena hal ini akan sangat penting bagi mahasiswa setelah lulus nanti dan berkecimpung di dunia kerja. Perguruan Tinggi yang hanya menerapkan Hardskill saja tidak akan mampu menghasilkan mahasiswa yang benar-benar siap terjun di dunia kerja, karena saat ini pintar saja tidak cukup untuk memasuki dunia kerja.

Calon mahasiswa harus mampu bertindak dan berpikir realistis dan obyektif dalam menentukan tempat pendidikannya sehingga dibelakang hari tidak akan merasa salah masuk perguruan tinggi atau mungkin salah masuk jurusan/program studi, karena hal ini masih sering terjadi pada mahasiswa pada saat kuliah, untuk menghindari hal tersebut sebuah ketelitian dan kejelian dalam menentukan perguruan tinggi idaman sangat diperlukan, dan mungkin gambaran sederhana tentang sebuah perguruan tinggi idaman dapat disampaikan sebagai berikut :

  1. Telah memiliki ijin operasional penyelenggaraan program studi, karena mutlak perguruan tinggi yang di-ijinkan untuk menyelenggarakan kegiatan perkuliahan adalah yang telah memiliki ijin operasional perguruan tinggi, secara berkelanjutan melaporkan kegiatan perkuliahannya, hal ini dapat di cek dengan kulik di evaluasi.or.id;
  2. Telah terakreditasi, dengan dimiliki-nya status terakreditasi tentunya perguruan tinggi tersebut telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat, dan hal ini dapat di lihat di BAN-PT;
  3. Membekali Mahasiswa dengan pembelajaran softskill untuk mendukung pembelajaran hardskill-nya, hal ini dapat dilihat dari bagaimana perguruan tinggi tersebut melaksanakan proses pembelajarannya, dimana kegiatan-kegiatan dari softskill ini dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri-nya dengan menanamkaan moralitas dan budi pekerti, maka tentunya perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan perkuliahan didalam kelas saja, namun diperlukan juga untuk mengenalkan dan mengajarkan bagaimana di dunia kerja, dengan adanya pelatihan-pelatihan tentang softskill, sehingga mahasiswa dibekali tentang attitude dan ketrampilan berwirausaha
  4. Menerapkan kurikulum yang  yang diperkaya dengan isu-isu Education For Suitainable Development (pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan), sehingga kurikulum tidak harus selalu berubah-ubah, karena kurikulum yang selalu berubah-ubah akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap proses pembelajaran (sumber diknas.go.id)
  5. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi sesuai dengan SK Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar. Dimana pada SK tersebut  disampaikan  tentang struktur kurikulum harus didasarkan pada tujuan belajar yaitu :
    1. learning to know;
    2. learning to do;
    3. learning to live together, dan;
    4. learning to be.

Berdasarkan dari sebuah pemikiran tentang tujuan belajar tersebut maka mata kuliah dalam kurikulum perguruan tinggi yang menerapkan KBK, akan didasarkan pada 5 kelompok sebagai berikut : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK);  Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK); Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB); Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Yang kemudian diselarakan dengan Surat Keputusan Mendiknas No. 045/U/2000 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi.

Minimal sebuah perguruan tinggi idaman yang ideal adalah terpenuhinya ke-lima hal diatas, dan  tentunya dapat terpenuhinya lima hal diatas sebuah perguruan tinggi  tersebut akan memiliki gedung yang representatife untuk proses pembelajaran dan fasilitas-fasilitas penunjang yang lain, guna mencapai proses perkuliahan yang nyaman dan baik.  Karena gedung yang megah dan fasilitas yang lengkap jika ke-lima hal diatas tidak terpenuhi tentunya menjadikan penilaian akan perguruan tinggi juga berkurang, yang pada akhirnya tidak akan menjadi pilihan dan tujuan calon mahasiswa untuk melajutkan di perguruan tinggi tersebut.  Dengan adanya pemahaman dan pengetahuan sederhana bagaimana kita memilih perguruaan tinggi idaman tentunya dapat meminimalisir kekecewaan kita ketika menempuh perkuliahan karena salah pilih perguruan tinggi bahkan salah pilih jurusan.

4 thoughts on “Ideal-nya Memilih Perguruan Tinggi Idaman

    ciwir said:
    2010/03/08 pukul 11:09 am

    yup bener mas

      yudishtira responded:
      2010/03/11 pukul 12:18 pm

      thanks to comment… semoga perguruan tinggi yang sekarang ini bisa lebih baik dan maju lagi

    saidiblogger said:
    2010/04/11 pukul 5:42 am

    bagus artikelnya mas.. komentar di perguruan tinggi idaman saya ya..

      yudishtira responded:
      2010/04/17 pukul 12:12 am

      terima kasih, dan semoga memang memberikan manfaat bagi rekan-rekan yang ingin melanjutkan kuliah.. sukses juga untuk panjenengan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s